Thursday, May 17, 2012

KEBUTUHAN MASYARAKAT

Masyarakat di dalam suatu daerah senantiasa memiliki kebutuhan, baik kebutuhan fisik maupun kebutuhan pemimpin. Demikian juga di dalam setiap organisasi, selalu dibutuhkan seorang pemimpin, -bukan pemimpi-, yang menjadi juru mudi organisasi tersebut dalam mencapai tujuan.

Seperti kita ketahui bahwa memimpin adalah proses dari seseorang untuk mempengaruhi kegiatan-kegiatan kelompok yang terorganisir dalam upaya mencapai tujuan yang ditetapkan.

Jika demikian, bagaimanakah pemimpin di sekitar kita? Dan kira-kira orang yang bagaimana yang dibutuhkan untuk memimpin kita:
1. Pemimpin yang kita butuhkan adalah orang yang dapat memenuhi tuntutan dan mampu mengidentifi kasi tantangan dan melaksanakan harapan manajemen, sekaligus membina kerjasama dan mengemba ngkan bawahan secara efektif.
2. Pemimpin yang kita butuhkan adalah orang yang melaksanakan tugas untuk mengarahkan, membimbi ng bawahan, harus mampu memperoleh dukungan bawahan (motivasi) sehingga dapat mengarahkan ke pencapaian tujuan, yang bukan bekerja sendiri dan membiarkan bawahan tanpa pekerjaan
3. Pemimpin yang kita butuhkan adalah yang bisa menjadi panutan, motivator, termasuk meningkatkan KSA (Knowledge, Skill, Attitude), seperti tanggung jawab, disiplin, kejujuran.

Ada beberapa karakteristik seorang pemimpin dalam cara menggunakan kekuasaannya, seperti:
Autocratic, dimana pengambilan keputusan biasanya hanya dilakukan oleh diri sendiri. Dalam tipe ini, maka untuk mempengaruhi bawahan digunakan cara paksaan dengan menakut-nakuti dan mengancam, member insentif, hadiah, ganjaran.

Partisipatif, yaitu dengan cara melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan.

Laissez Faire, yaitu kebalikan dari tipe autocratic, dengan memberi bawahan kebebasan
penuh, sehingga timbul masalah komunikasi kurang antara atasan dan bawahan

Jadi, keterampilan apa yang harus dimiliki pemimpin kita?

Persuation (membujuk). Biasanya disebut juga sebagai kemampuan menjual dalam arti
mampu mengajak dan mengajukan sesuatu yang positif kepada orang lain.
Influense (mempengaruhi). Keterampilan ini adalah kemampuan menggunakan kuasa (power) untuk mempengaruhi orang lain, karena kuasa merupakan salah satu sarana yang digunakan pimpinan dalam mempengaruhi perilaku pengikut.

Situasi. Setiap pemimpin berfungsi dalam suatu situasi yang berupa situasi manusia, fisik, waktu dan perkembangan organisasi. Setiap perubahan situasi membutuhkan perubahan dalam macam kemampuan memimpin.

Kalau demikian, bisa dikatakan tanggung jawab seorang pemimpin adalah melatih anak buah dalam meningkatkan kwalitas bekerja, bertindak sebagai konselor jika diperlukan , memberikan motivasi dan menanamkan kesadaran akan tujuan, membagi tugas dengan jujur, mendiskusikan perubahan-perubahan yang akan dilakukan sebelum pelaksanaan, memelihara dan meningkatkan disiplin dan ketaatan, memelihara lingkungan kerja yang bersih dan aman, menetapkan standar dan mengoreksi kesalahan, memberikan alternati-alternatif kebijakan bagi permasalahan bawahan, mengkoordinasikan dan merencanakan kerja dan kreatif.

Memperhatikan syarat dan kemampuan seorang pemimpin yang kita butuhkan tersebut, maka dia harus dapat memenuhi kebutuhan pokok manusia yang dipimpinnya, dimana menurut Maslow memiliki 5 jenjang kebutuhan:
1. Kebutuhan realisasi diri
2. Kebutuhan ego/penghargaan
3. Kebutuhan sosial
4. Kebutuhan rasa aman
5. Kebutuhan faal/pokok

Masyarakat juga memiliki kebutuhan pokok dalam hidup atau dalam usaha yang harus dipikirkan oleh pimpinan daerah yaitu berupa minyak (untuk masak maupun untuk transport), air, listrik, komunikasi. Dan masyarakat akan merasa aman jika memiliki pekerjaan yang tetap, memiliki tabungan, memiliki usaha, memiliki asuransi dan jaminan kesehatan.

Pengusaha dan masyarakat memiliki jenjang kebutuhan yang sama. Namun bagi pengusaha jika ber- kembang otomatis akan membuka lapangan kerja. Hanya saja pengusaha sangat butuh kualitas dari nilai kebutuhan tersebut lebih besar. Misal untuk bisnis membutuhkan sarana komunikasi international seperti signal kuat dan mudah untuk internet, air bersih pasokannya lancar, bahan bakar tersedia normal, biaya transportasi tidak lebih mahal dari harga normal baik darat laut udara, kemudahan
mencari kredit di bank seperti di kot-kota lain, listrik dijamin tidak sering padam yang sangat meng- ganggu proses produksi maupun merusak komunikasi dan peralatan listrik. (Drs. Frans Sidharta, MBA., Direktur PD Mbiah Pohi Fakfak)

Sumber : FAKFAK INFO

0 komentar:

ALAMAT SEKRETARIAT

FAKFAK DALAM GAMBAR

Entri Populer

Followers

Blogger template 'CoolingFall' by Ourblogtemplates.com 2008